Pages

Belajar Latex

Diposting oleh Unknown , Kamis, 23 Desember 2010 10.14

Pembahasan saya kali ini karena terinspirasi dari awal penulisan ilmiah dengan menggunakan LATEX. Penulisan menggunakan gaya latex ini sangat jarang tapi mulai berkembang di dunia pendidikan karena faktor keamanan akan tulisan maupun penelitian yang nantinya akan di publish dengan menggunakan latex itu sendiri.

Berawal dari apa itu TEX?

TEX merupakan perangkat lunak pengolah dokumen yang terutama ditujukan menghasilkan dokumen yang berisi simbol-simbol matematik. Perangkat lunak ini diciptakan oleh Donald E. Knuth pada bulan Mei 1977 sebagai bahasa pembentuk dokumen (document formatting language). Pada awalnya TEX diimplementasikan dengan menggunakan bahasa Pascal, namun implementasi yang banyak dipakai saat ini adalah TEX yang dituliskan dalam bahasa C. Demikian juga perintahperintah yang ada dalam implementasi TEX yang digunakan saat ini sudah jauh berbeda dengan yang dirancang oleh Knuth pada tahun 1977.

Seringkali nama TEX dan LATEX diucapkan sebagai “teks” dan “lateks”. Pengucapan ini salah karena kata TEX sesungguhnya dibentuk dari tiga huruf Yunani (dalam huruf besar: TEX). Kata lain yang memiliki akar kata yang sama adalah “technology”. Jadi pengucapan yang benar untuk TEX dan LATEX adalah “tekh” dan “latekh”. Akar kata ini juga berarti “seni”. Dalam penulisan nama TEX atau LATEX, jika huruf ’E’ tidak mungkin dituliskan agak turun ke bawah atau huruf ’A’ tidak mungkin dituliskan agak naik ke atas, penulisan dilakukan sebagai TeX atau LATEX. LATEX yang diperkenalkan oleh Leslie Lamport dikenal sebagai LATEX 2.09. Sampai saat ini LATEX sudah dan masih mengalami pengembangan. Versi LATEX yang sudah disempurnakan dan diperbaiki dan saat ini banyak dipakai adalah LATEX2e1 dan sudah diperkenalkan pada Juni 1994. Versi LATEX 2e memiliki kelebihan dibandingkan dengan LATEX 2.09 dalam hal dukungannya terhadap warna, font, dan grafik. Alasan lain dikeluarkannya LATEX 2e adalah juga karena munculnya berbagai format LATEX yang tidak cocok satu sama lain seperti: SLiTEX, AMS- LATEX, dan sebagainya. Dengan adanya LATEX2e masyarakat pengguna LATEX memiliki sistem yang baku. Versi LATEX yang sudah baku ini memiliki beberapa kekuatan.

Mungkin untuk penjelasan lebih rinci tentang latex bisa anda dapatkan di download di sini Latex. Anda akan belajar menggunakan maupun membuat latex secara manual.

Hingga saat ini ada beberapa software yang menawarkan cara singkat untuk membentuk pengolahan dokumen pembentuk latex karena yang saya alami ketika import word ke latex banyak sekali instalan-instalan software seperti WinEdit,Lyx,WindTex, dan beberapa software pendukung lainya dan ketika salah satu tidak ada dalam instalan komputer kalian akan berimbas tidak munculnya gambar atau pun hasil yang sangat berantakan. Bisa di bilang latex ini merupakan bagian dari seni pengolahan dokument jadi kita harus benar-benar teliti namun seiring dengan perkembangan zaman ada beberapa software yang memudahkan dalam mengconvert dari word document menjadi latex document untuk mengetahui dan belajar lebih dalam kalian bisa melihat situs ini
Grindeq disana kita bisa temukan cara dan teknik mengconvert word to latex maupun latex to word. Jadi penggunaan converter ini sama mudahnya dengan kita mengconvert dari word to pdf maupun pdf to word. Silahkan mencoba!

sumber : Ilmu komputer dan mbah google serta pengalaman pribadi

~Craw~

0 Response to "Belajar Latex"

Posting Komentar