Pages

Audit

Diposting oleh Unknown , Selasa, 06 Juli 2010 09.47

Mungkin ketika lo baca ini bakalan bosen tapi ini salah satu pekerjaan gw dan ini adalah pekerjaan yang sangat menantang.ya saat ini gw bekerja sebagai salah satu auditor di bank swasta di kawasan sudirman,dan sedikit share aja mungkin saat di tanya teman-teman gw "kerja dimana bro?" dan gw menjawab "auditor sob!" dan kawan gw pun keheranan "loh ko lo di auditor c mank lo bisa apa?" , dan persepsi temen gw klo auditor itu hanya mencakup kalangan akuntan saja tapi saat ini auditor itu dah dari banyak kalangan dan banyak jenisnya tergantung dari jenis audit itu sendiri nah gw akan menjabarkan satu-satu ke lo semua tentang audit karena background gw IT dengan jurusan teknik informatika dan gw terjun di bidang audit teknologi yang mencakup audit tentang seluruh sistem informasi dan serangkaian teknologi yang di pakai dan intinya semua teknologi yang dipake di perusahaan gw yang monitor gw dalam artian monotoring penggunaan dan pemakaian..baiklah kita mulai dengan pembahasan yang paling dasar..mungkin lo rada-rada ngantuk membacanya tapi ingat sob ini ilmu jadi pantengin terus....akkkkkk

di mulai dengan apa itu AUDIT???

Audit atau pemeriksaan dalam arti luas bermakna evaluasi terhadap suatu organisasi, sistem, proses, atau produk. Audit dilaksanakan oleh pihak yang kompeten, objektif, dan tidak memihak, yang disebut auditor. Tujuannya adalah untuk melakukan verifikasi bahwa subjek dari audit telah diselesaikan atau berjalan sesuai dengan standar, regulasi, dan praktik yang telah disetujui dan diterima.
Beberapa macam Audit
• 1 Audit Keuangan
• 2 Audit Operasional
• 3 Audit Ketaatan
• 4 Audit Investigatif
• 5 Audit Teknologi


Audit Keuangan

Audit keuangan adalah audit terhadap laporan keuangan perusahaan atau organisasi yang akan menghasilkan opini pihak ketiga mengenai relevansi, akurasi, dan kelengkapan laporan-laporan tersebut.
Audit keuangan umumnya dilaksanakan oleh perusahaan atau akuntan publik independen yang harus mengikuti prinsip-prinsip akuntansi yang diterima umum. Banyak perusahaan mempekerjakan auditor internal yang berfokus pada pengawasan pelaksanaan dan operasi perusahaan untuk memastikan kesesuaiannya dengan kebijakan organisasi.

Audit Operasional
Audit Operasional adalah pengkajian atas setiap bagian organisasi terhadap prosedur operasi standar dan metoda yang diterapkan suatu organisasi dengan tujuan untuk mengevaluasi efisiensi, efektivitas, dan keekonomisan (3E).
Audit Ketaatan/Kepatuhan
Audit Ketaatan adalah proses kerja yang menentukan apakah pihak yang diaudit telah mengikuti prosedur, standar, dan aturan tertentu yang ditetapkan oleh pihak yang berwenang.

Audit Investigatif
Audit Investigatif adalah: 1. "Serangkaian kegiatan mengenali (recognize), mengidentifikasi (identify), dan menguji (examine) secara detail informasi dan fakta-fakta yang ada untuk mengungkap kejadian yang sebenarnya dalam rangka pembuktian untuk mendukung proses hukum atas dugaan penyimpangan yang dapat merugikan keuangan suatu entitas (perusahaan/organisasi/negara/daerah)." 2. "a search for the truth, in the interest of justice and in accordance with specification of law" (di negara common law).

Jadi, audit itu adalah suatu rangkaian kegiatan yang menyangkut:
1.Proses pengumpulan dan evaluasi bahan bukti
2.Informasi yang dapat diukur. Informasi yang dievaluasi adalah informasi yang dapat diukur. Hal-hal yang bersifat kualitatif harus dikelompokkan dalam kelompok yang terukur, sehingga dapat dinilai menurut ukuran yang jelas, seumpamanya Baik Sekali, Baik, Cukup, Kurang Baik, dan Tidak Baik dengan ukuran yang jelas kriterianya.
3.Entitas ekonomi. Untuk menegaskan bahwa yang diaudit itu adalah kesatuan, baik berupa Perusahaan, Divisi, atau yang lain.
4.Dilakukan oleh seseorang (atau sejumlah orang) yang kompeten dan independen yang disebut sebagai Auditor.
5.Menentukan kesesuaian informasi dengan kriteria penyimpangan yang ditemukan. Penentuan itu harus berdasarkan ukuran yang jelas. Artinya, dengan kriteria apa hal tersebut dikatakan menyimpang.
6.Melaporkan hasilnya. Laporan berisi informasi tentang kesesuaian antara informasi yang diuji dan kriterianya, atau ketidaksesuaian informasi yang diuji dengan kriterianya serta menunjukkan fakta atas ketidaksesuaian tersebut.

Audit teknologi informasi
Audit teknologi informasi (Inggris: information technology (IT) audit atau information systems (IS) audit) adalah bentuk pengawasan dan pengendalian dari infrastruktur teknologi informasi secara menyeluruh. Audit teknologi informasi ini dapat berjalan bersama-sama dengan audit finansial dan audit internal, atau dengan kegiatan pengawasan dan evaluasi lain yang sejenis. Pada mulanya istilah ini dikenal dengan audit pemrosesan data elektronik, dan sekarang audit teknologi informasi secara umum merupakan proses pengumpulan dan evaluasi dari semua kegiatan sistem informasi dalam perusahaan itu. Istilah lain dari audit teknologi informasi adalah audit komputer yang banyak dipakai untuk menentukan apakah aset sistem informasi perusahaan itu telah bekerja secara efektif, dan integratif dalam mencapai target organisasinya.

Metode yang di pake pada sistem audit yang saya jalanin saat ini :

COBIT
Control Objective for Information and related Technology, disingkat COBIT, adalah suatu panduan standar praktik manajemen teknologi informasi. Standar COBIT dikeluarkan oleh IT Governance Institute yang merupakan bagian dari ISACA. COBIT 4.0 merupakan versi terbaru.

COBIT memiliki 4 cakupan domain, yaitu :
• Perencanaan dan organisasi (plan and organise)
• Pengadaan dan implementasi (acquire and implement)
• Pengantaran dan dukungan (deliver and support)
• Pengawasan dan evaluasi (monitor and evaluate)

dan ini proses SDLC dengan menggunakan metode COBIT :




CORPORATE GOVERNANCE
Dua teori utama yang terkait dengan corporate governance adalah stewardship theory dan agency theory. Stewardship theory dibangun di atas asumsi filosofis mengenai sifat manusia yakni bahwa manusia pada hakekatnya dapat dipercaya, mampu bertindak dengan penuh tanggung jawab memiliki, integritas, dan kejujuran terhadap pihak lain. Inilah yang tersirat dalam hubungan fidusia yang dikehendaki para pemegang saham. Dengan kata lain, stewardship theory memandang manajemen sebagai dapat dipercaya untuk bertindak dengan sebaik-baiknya bagi kepentingan publik pada umumnya maupun shareholders pada khususnya.

Good corporate governance (GCG)
sebagai sebuah konsep, GCG ternyata tak memiliki definisi tunggal. Komite Cadburry, misalnya, pada tahun 1992 - melalui apa yang dikenal dengan sebutan Cadburry Report - mengeluarkan definisi tersendiri tentang GCG. Menurut Komite Cadburry, GCG adalah prinsip yang mengarahkan dan mengendalikan perusahaan agar mencapai keseimbangan antara kekuatan serta kewenangan perusahaan dalam memberikan pertanggungjawabannya kepada para shareholders khususnya, dan stakeholders pada umumnya. Tentu saja hal ini dimaksudkan pengaturan kewenangan Direktur, manajer, pemegang saham, dan pihak lain yang berhubungan dengan perkembangan perusahaan di lingkungan tertentu.

Dari definisi di atas dapat disimpulkan bahwa Good corporate governance merupakan:
1. Suatu struktur yang mengatur pola hubungan harmonis tentang peran dewan komisaris, Direksi, Pemegang Saham dan Para Stakeholder lainnya.
2. Suatu sistem pengecekan dan perimbangan kewenangan atas pengendalian perusahaan yang dapat membatasi munculnya dua peluang: pengelolaan yang salah dan penyalahgunaan aset perusahaan.
3. Suatu proses yang transparan atas penentuan tujuan perusahaan, pencapaian.

Semoga kalian mengerti dan bukan hanya lulusan dengan background Akuntansi yang bisa jadi auditor tapi lulusan seperti kita IT juga bisa jadi auditor..

Sumber : wikipedia dan beberapa narasaumber serta buku-buku yang saya baca serta pengalaman pribadi

-Craw-

4 Response to "Audit"

Anonim Says:

YA..

anda benar sekali postingan ini membuat saya bosan dan mengantuk..XD

btw..mau donk kata2nya kerlap-kerlip gt...heheheh

Unknown Says:

itu cuman html biasa kali non..

{ kalimat anda }

tanda kurawal jgn di ikuti sebab klo di komentar gak di tulis tanda kurawal maka script html nya ilang..silahkan di coba..

wiedyamahesikristarini Says:

betul" muak baca ny.. di dongengin enak kali nehh...

Unknown Says:

wah kamu..ini ilmu bukan dongeng..ha

Posting Komentar